10 Misteri di GTA V


   Sepertinya memang sudah menjadi 'tradisi' bagi Rockstar Games untuk menambah unsur misteri di dalam serial gamenya, Grand Theft Auto, atau biasa disebut GTA. Dengan map yang memiliki luas 5x lipat dari GTA versi sebelumnya ini tentunya memiliki lebih banyak misteri, meskipun sempat menuai kontroversi karena 'katanya' beberapa diantaranya hanya mod/ hoax. Yep, inilah berbagai macam 'Easter Eggs' yang telah dirangkum dalam 10 Misteri di GTA V:

Baca Juga: 30++ Misteri di GTA V


Atlantis


       Seperti namanya, Atlantis, yakni reruntuhan kota kuno yang terendam di dasar laut, misteri ini terbilang sulit dipecahkan karena untuk mencapainya kamu harus menyelam di dasar laut dengan berenang atau dengan mengendarai kapal selam. Namun pihak Rockstar belum mengakui misteri yang satu ini karena Rockstar berkata hanya menyediakan bangkai kapal dan reruntuhan rumah yang bisa dieksplorasi. Tapi bisa dibilang bangkai kapal tersebut ada kaitannya dengan Atlantis yang dimaksud.


Bigfoot


       Mahkuk berwujud seperi kera berukuran besar ini konon dapat dijumpai di sekitar Blaine O'County, Shady's Creek, Back O'Beyond, Mount Chilliad atau di sekitar pegunungan Los Santos. Kemunculan pertamanya bermula di GTA III/ San Andreas yang ternyata hanya berupa Mod, dan kini ia kembali di GTA V. Belum ada kejelasan secara pasti tentang mahkluk yang satu ini, namun beberapa bukti mulai terkuak, seperti pada misi Predator dimana terekam bayangan mirip Bigfoot. 


Frozen Alien


       Setelah kemunculannya sebagai Mod di GTA San Andreas, apakah kini alien benar-benar ada di GTA V? Meski tidak dalam kondisi hidup, namun penemuan bangkai alien yang sudah membeku ini bisa menjadi petunjuk keberadaan alien di GTA V.


UFO


    UFO (Unidentified Flying Object) atau Objek Terbang tak Dikenal memang sempat menghebohkan di era GTA San Andreas. Namun di GTA V ini kemunculan UFO merupakan sesuatu yang benar-benar 100% nyata! Seperti pada misi Grass Roots dimana Michael berperang dengan Alien. Sementara itu sebuah benda diduga UFO juga tampak pada cutscene ketika Trevor tengah berbicara pada seorang wanita.


Penasaran? kamu bisa cari sisa-sisa pesawat UFO di dasar laut, arah utara Paleto Bay. Atau, kamu bisa temui mereka di Mount Chilliad pukul 03.00 dan saksikan mereka berkeliaran.

Bangkai UFO di Paleto Bay
Penampakan UFO di Mount Chilliad

CJ is Back!



       Yep, kamu nggak salah baca. Meskipun Rockstar berkata bahwa CJ tidak akan dimunculkan di GTA V, namun 'penampakan-penampakan' seperti ini justru menguatkan bukti bahwa CJ ada di GTA V, meskipun tidak dapat dimainkan alias hanya berupa NPC. 

Penampakan CJ di salah satu trailer GTA V

Penampakan CJ, Big Smoke, dan Ryder serta suasana khas Grove Street


Nessie / Loch Ness Monster


      Meski hanya sekedar mahkluk mitologi yang diragukan keberadaannya, namun adanya kerangka binatang besar yang diduga sebagai kerangka Nessie bisa menjadi bukti keberadaan Nessie di GTA V.


Arwah Jolene Cranley-Evans



       Sebelum menyelidiki misteri ini, lebih baik siapkan dulu mentalmu. Kalau sudah, pergi ke Mount Gordo dan cari batu bertulisan 'JOCK' berwarna merah yang kelihatannya ditulis dengan darah. Maka ketika jam menunjukkan sekitar pukul 23.00 dan 00.00, arwah Jolene bisa kamu lihat, dengan mata hitam dan mulut melongo. Jika didekati dia akan menghilang.

      Ternyata arwah itu muncul bukan tanpa alasan. Ceritanya (di GTA V) Jolene Crankey-Evans, istri dari Jock Cranley, seorang pemain drama yang kondang di tahun '80-an. Suatu hari Jock mengajak Jolene ke Mount Gordo, kemudian Jock  mendorongnya dari atas tebing. Jolene meninggal karena luka parah, dan Jock segera ditahan, namun ia segera dibebaskan tanpa tuduhan. Sejak saat itu arwah penasaran Jolene kerap bergentayangan di Mount Gordo, hingga sekarang...

Koran yang memuat peristiwa jatuhnya Jolene - Crankey Evans

Serial Killer Nursery Rhyme


       Tulisan berupa sajak ini ada di batu di sebuah pantai, ditulis dengan tinta hitam. Sajak ini adalah pesan pembunuhan berantai yang ditulis oleh Merle Abrahams.


Megalodon


        Rockstar memang menambahkan elemen hiu dalam gamenya. Namun, tidak ada bukti yang kuat, apalagi screenshot dari misteri yang satu ini. Namun beberapa player GTA V mengaku pernah bertemu dengan sosok hiu purba raksasa ini. Hiu raksasa tersebut bergerak sangat cepat, dan ketika hendak didekati hiu tersebut langsung berenang menjauhi pemain. Anehnya, tidak ada laporan pemain yang diserang oleh hiu raksasa ini. Kalau penasaran, katanya bisa ditemui di perairan Mount Chilliad, dan sebelah utara Paleto Bay.


The Mountain Face



      Agaknya Rockstar berbuat jahil dengan memasang wajah seseorang di gunung. Tak jelas wajah siapakah yang terpampang di sana. Ada yang bilang wajah aktor Aaron Paul, ada juga yang mengatakan kalau itu wajah salah satu pengembang game. Atau, anda punya spekulasi sendiri? pergilah ke puncak Mount Chilliad dengan pesawat atau helikopter.


        

Referensi:
http://penduduklokal.blogspot.com/2014/04/50-misteri-yang-terdapat-dalam-game-gta.html

AMV Producer and Tech Blogger