5 Aplikasi Top Penghemat Data Android


  Kuota cuma 2GB, tapi pengen tahan sampai sebulan? Bisa kok! Selain bisa bikin paketanmu 'panjang umur', yang pasti juga bisa mempercepat loading web, karena data yang harus diterima ponselmu jadi lebih sedikit. Tertarik? Silahkan pilih aplikasi (dan Browser Features ) yang bisa menghemat pemakaian data androidmu. Mulai dari yang 'wajar' sampai yang agak 'ekstrim', Cekidot!


Opera Max

   Yep, dari namanya saja sudah tertebak kalau aplikasi ini adalah 'adik' dari browser ternama, yakni Opera. Opera Max dan Opera sediri memang sama-sama dibuat oleh Opera Software ASA. Aplikasi ini selain dapat memantau pemakaian data, juga diklaim mampu menghemat pemakaian dan memperpanjang usia paketan kamu hingga 50%! Tak hanya laman web yang sanggup dikompresi oleh Opera Max, bahkan video yang berukuran 10MB mampu dimampatkan hingga berukuran 3MB saja. Mantab! 
   Tapi bagaimana dengan soal keamanan pada server? Tenang, Opera Max tidak akan menyimpan data-data seperti password atau alamat email milikmu. Selain itu aplikasi ini juga dapat mencegah aplikasi lain menggunakan data tanpa seijin kamu, misalnya fitur Update Otomatis di Play Store. Tertarik?


Onavo Extend

   Agak berbeda dari aplikasi sebelumnya, Jika Opera Max berjalan di sistem utama Android, maka tidak dengan Onavo Extend. Aplikasi ini justru berjalan di background sistem, jadi kamu tidak akan melihat aplikasi ini berjalan di taskbar. Selain itu Onavo Extend tidak hanya mengkompresi, namun juga menyimpan konten dari laman web sehingga ketika mengunjungi laman web yang sama kamu tidak perlu menggunakan data lagi, cocok jika kamu sering mengunjungi situs yang sama berulang kali. 
  Sayangnya, aplikasi ini tidak dapat melakukan kompresi video seperti pada Opera Max. Jadi jika kamu lebih sering menonton video daripada web browsing, kamu perlu mempertimbangkan aplikasi ini, atau beralih ke Opera Max.


[ Features ] Google Chrome

   Google Chrome juga menyediakan fitur penghemat data bawaannya. Caranya masuk ke menu > pilih settings > pilih bandwith management > lalu aktifkan 'Reduce data usage'. Otomatis laman yang muncul akan terkompresi ketika kamu browsing menggunakan Google Chrome.

Fitur Reduce data usage Google Chrome


[ Features ] Browser web Opera Mini

   Nah, kalau kamu kebetulan sudah punya Opera Mini, pilihan Opera Max tadi bisa kamu abaikan (Emang mau dobel kompres? Dasar rakus!). Cara kerjanya hampir sama dengan Google Chrome. Dengan mengaktifkan 'Off-Road Mode', Opera Mini sanggup mengkompresi data web yang masuk ke androidmu.

Fitur Off-Road Mode Opera Mini


[ Features ] UC Browser

   UC Browser juga tak kalah menarik dalam urusan penghemat data. Aplikasi ini memiliki fungsi data compress pada mode default search nya, namun bila masih dirasa kurang kamu bisa mengaktifkan fitur 'Speed Mode' yang mampu mengkompres total laman web yang kamu kunjungi, namun berimbas pada tampilan web tersebut karena fitur ini membuat tampilan laman web menjadi sangat sederhana. 

Fitur Speed Mode UC Browser

Semoga Bermanfaat.


EmoticonEmoticon