Tips Ampuh Mengatasi Lag di Game PC


   Lag. Adalah hal yang paling mengesalkan bagi para penikmat game, alias gamer. Umunya pengguna PC dengan spek rendah (Low End) yang paling sering mengalaminya. Dan kalau sudah begini biasanya yang muncul cuma emosi, kata kata kasar, bahkan sampai KTSP (Kekerasan Terhadap Sebuah PC). Eits! Sabar, jangan keburu dibanting PC-nya! (Kalo nekat boleh-boleh aja :v) Mendingan coba liat dulu nih cara-cara biar game-mu nggak ngelag lagi! Let's check it out!



Mengatur Affinity Program


   Affinity Program adalah lokasi dari program yang berjalan di CPU komputer. Singkatnya, dengan cara ini kita bisa mengatur program mana yang hendak dijalankan pada processor CPU, sehingga bisa menghemat penggunaan sumber daya processor sekaligus bisa mengurangi lag. Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa dilihat di artikel ini.


Mengatur Performance Options


Perhatian! Terkait adanya keluhan bug pada beberapa perangkat, jika terjadi hal-hal seperti komputer hang/ error, program/ fitur Windows berjalan tidak semestinya, dll. segera kembali ke menu Performance Options dan kembalikan settingan ke Let Windows choose what's best for my computer


   Pertama-tama kamu harus mengatur performance options pada Windows. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik File Explorer.
  2. Lalu di My PC klik kanan, pilih Properties.
  3. Pilih Advanced System Settings.
  4. Pada Performance, klik Settings.
  5. Piih Adjust for best performance.
  6. Klik Apply, lalu OK.


Menghapus Event Log Windows


Khusus pengguna Windows 8 dan 10, cara ini tidak Saya sarankan terkait adanya keluhan pada beberapa perangkat.


   Event log, atau daftar kegiatan yang dilakukan sistem bisa memperlambat kinerja PC-mu. Dengan menghapus Event log, tidak hanya bisa mengurangi lag tapi juga mempercepat kinerja PC. Cara ini bisa diterapkan baik di Windows XP dan 7. Oke, berikut caranya:
  1. Klik Start, cari Control Panel dengan mengetikkannya pada search bar.
  2. Pilih Administrative Tools.
  3. Lalu klik Event Viewer.
  4. Munsul tab baru, Klik Windows Logs.
  5. Pilih Application, klik kanan kemudian pilih Clear Log.
  6. Akan muncul kotak dialog, pilih Clear.
  7. Ulangi step 5 dan 6 pada opsi Security dan System.


Atur Startup Program dan Tray



   Apa itu Startup Program? Startup program yaitu program yang berjalan saat PC dinyalakan. Nah, program-program seperti inilah yang bisa menghambat kinerja PC-mu. Selain itu juga menyebabkan proses booting jadi lebih lama. Nah, untuk mensettingnya bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:
  1. Klik Start, lalu ketik msconfig di search bar. 
  2. pilih msconfig.exe.
  3. Setelah muncul jendela System Configuration, klik tab Startup.
  4. kemudian hapus tanda centang (uncheck) pada aplikasi yang tidak kamu butuhkan.
  5. untuk merasakan efeknya, Restart komputermu. 
Untuk mengakses opsi Startup pada Windows 8 dan Windows 10 cukup klik kanan pada taskbar > Task Manager, kemudian pilih tab Startup.


Update Graphics Drivermu secara berkala


   Seberapa penting sih mengupdate driver? Jawabannya, sangat penting! Selain membantu mengurangi lag pada komputer, dengan mengupdate driver berarti kualitas grafik pada monitor juga semakin baik. Caranya bisa dengan mengunjungi website dari driver yang kamu gunakan. Contoh, jika kamu pengguna Intel, kamu bisa mengupdate drivermu disini.


Dinginkan CPU



  Game-game berat, seperti GTA V, atau Fallout 4 biasanya akan cepat memanaskan suhu CPU. Dan kalau sudah begini, mau tak mau gejala Lag pasti akan mulai terasa. Tentunya hal ini tak boleh dibiarkan dalam jangka waktu yang lama karena berpotensi merusak Hardware. Solusinya bisa dengan menggunakan Heatsink atau Cooling Pad


Sisakan sedikit ruang di Harddisk



   Jangan kira Harddisk hanya sebagai ruang untuk menyimpan data dan aplikasi saja. Harddisk juga berguna sebagai 'ruang gerak' untuk program yang bekerja. Semakin banyak space di Harddisk, semakin baik program bekerja. 


Install Aplikasi Game Booster


    Jika cara-cara di atas terlalu ribet buatmu, kamu bisa mencoba menginstall aplikasi Game Booster. Cara kerja aplikasi ini adalah menonaktifkan Backgroud Application dan Non-Windows Services yang memakan tempat pada RAM, dan memfokuskan kerja CPU hanya pada game yang kamu jalankan, dan hasilnya pun lumayan bisa mengurangi lag pada komputer. Untuk macam-macam apliaksinya bisa kamu lihat disini.

   Yep, itu tadi beberapa tips yang Insya Allah bisa sedikit mengatasi lag. Baca juga Cara Mempercepat Komputer Hanya dengan Flashdisk agar PC tambah ngebut. Sekian dan semoga bermanfaat. 



Referensi: 

http://www.urawa8888.com/2014/03/cara-mengatasi-lag-saat-main-game-di-pc.html
http://cronosal.blogspot.com/2014/08/mau-main-game-berat-di-pc-spek-low-begini-caranya.html


AMV Producer and Tech Blogger

42 komentar

kok laptop gue tambah ngelag abis event log nya dihapus sama startup prgram nya dah diatur, itu ngatasinnya gimana ya bro?

Kalo itu mungkin penyebab laptopnya ngelag bukan dari event lognya gan. Coba cek apa startup program yang diatur itu berhubungan dengan sistem nggak? Kalo nggak laptopnya agan coba di defrag dulu :)

Eh tolong eh kok pas gw ngelakuin semua cara di laptop. Kok tau2 laptop gw malah ga bisa koneksi ke internet trus suara juga bisa, trus baterry nya juga bisa diubah2 modenya. Ini gimana ya please tolong jawab secepatnya. Gw panik

Itu mungkin di Performance options nya gan. Coba diset lagi ke "let Windows choose what's best for my computer", soalnya memang di beberapa PC opsi ini emang ada bug-nya. Semoga membantu :)

32 bit di ganti 64 bit di windows xp bisa ga?

Bisa aja gan, cuma komputernya harus di install ulang dulu, alias ganti dengan Windows XP yang 64-bit :)

gan kenapa pas ane main game selalu notrespond ya ama stopworking tolong sulsinya

Itu penyebabnya ada banyak gan, antara lain:
- Terlalu background apps yang berjalan
- program (game) nya yang tidak kompatibel.
- Virus atau malware
- Harddisk yang hampir penuh
- VGA PC agan kurang mendukung program yang berjalan
kurang lebih itu penyebabnya, silahkan agan analisa lagi kira2 mana penyebab yang mungkin terjadi pada komputer agan. Sekian dan semoga bermanfaat :)

gan cara balikin jadi semula gimana ?

Ke Performance Options gan, abus itu kembalikan settingan ke Let Windows choose what's best for my computer :)

work bro di laptop gw, game gw jadi nggak ngelag lagi

gan, cara instal ulangnya gimana ya ?

Kalau untuj Windows 7, harus pakai CD installer Windows 7 nya gan, Kalau untuk windows 8 dan 10 tinggal cari menu "Reset your PC" aja gan :)

gan, klo mau install ulang di tempat electronik komp bisa ga gan?
sama nnge upgrade sistem?

Wah, kalau itu mending ditanyakan langsung ke tempat elektronik nya aja gan :)

biasanya harddisk nya di defrag untuk meningkatkan performa harddisk.

bg laptop saya core i5 5200 gt940m kok pas main saat dicas game lancar trus pas dicabut lag bener cara ngatasinnya gmna y

kalau dilihat dari kata-katanya agan, itu masalahnya mungkin di power management laptopnya. Coba dilihat kalau2 masih di mode "Power Saver" atau "Balanced". Itu tinggal ganti aja power management nya ke mode "High Performance". Semoga membantu :D

Kalo ane sih yang penting vga geforce minimal 8600 GT dan ram minimal 3 giga. Maka udah pas tuh buat main game dengan graphics menengah dengan lancar

gan saya kan windows vista,saya sudah ubah ke windows10,saya ingin download,,driver vista apa driver windows 10??...

Kalau itu disesuaikan dengan windows yang agan pakai sekarang, jadi agan harus download driver untuk windowd 10 :D

Bos pC w core i3 vga nvidia gporce 210 64 bit 1G..kok main pes 2016 ngelag padahal spek udh bagus..ram 4G ddr3..masalahnya apa ya...tx

Kalo diliat dari spek sebenernya udah oke sih gan. Cuma itu mungkin karena grafis gamenya gan, coba ubah grafis gamenya ke low quality di "settings". Atau kalo agan mainnya pakai laptop, coba diset power management nya ke "High Performance". Sekian dan semoga membantu :)

gini gan, ram saya 4 gb, vga saya 2 gb tapi pas main game kayak Dragon nest / Paladins steam (kalau tau :v) dia sering nge patah" gitu 3 - 5 detik an ngulang" begitu jadi binggung apa salah nya padahal spek lumanyan dlu pas pake buat main game yang graphic nya begitu lumanyan ga lag sih itu gimana ya ? atau ram saya sudah lelah ?

Maaf gan ane kurang tau kalo game begituan :v tapi itu game online semua ya? kalo iya mungkin masalahnya di koneksi internet agan. Kalo nggak, apa agan akhir2 banyak install aplikasi di drive C? kalo iya bisa jadi itu penyebabnya mengingat drive C itu tempat diinstallnya windows, jadi kalau ingin lag nya berkurang sebisa mungkin sisakan sedikit ruang di drive C untuk ruang gerak proses windowsnya (bisa coba uninstall program2 yg udah nggak terpakai). Kalo masih belum bisa coba cara2 di atas atau ulasan di komentar2 sebelumnya. Sekian dan semoga membantu :)

Gan tolong help mee nih ane lakuin semua dah malah pc ane jdi bnyk hang dan program g sesuai. Gimana nih gan? Ane udh pilih kembali chosse best tu

Kalau hang itu penyebabnya banyak gan, bisa karena pas agan update driver itu drivernya nggak cocok dengan pc agan, atau waktu agan ngatur startup program ternyata ada program (biasanya yang berhubungan dengan sistem) yang memang harus dijalankan saat startup. Coba agan cek lagi ya.

Kalau program yang nggak sesuai itu bisa pake "run as andimistrator" atau diset compatibilitynya lewat klik kanan > properties > compatibility > kasih tanda centang di "run this program in compatibility mode for" trus pilih versi windows yang sekarang agan pake. Sekian dan semoga membantu :)

Infonya bermannfaat thank

Gan Cara kembaliin laginya gimana , dilaptop gue jadi gak bisa internetan terus buka aplikasinya selalu gak muncul kaya , Solusi?

gan kalo gue buka aplikasi-aplikasi selalu gak muncul , gimana solusinya biar muncul lagi ?

#Kecewa

Itu mungkin administratornya. Saat membuka aplikasi coba klik kanan kemudian pilih "Run as Administrator". Kalau masih tidak bisa coba klik kanan > properties > security > pilih username yang agan pakai , pilih edit > centang semua opsi di bagian allow, kemudian klik apply > OK kemudian apply > OK lagi. Semoga membantu :)

Untuk mengembalikan jadi semula caranya sama seperti tips pertama, kemudian ubah opsi ke "Let Windows choose what's best for my computer" kemudian Apply > OK. Semoga membantu :)

bisa aja lo gan KTSP "Kekerasan Terhadap Sebuah Pc"

Keren 8-)

Gan, koneksi internet saya udah cepet tapi kok kalo main game online masih ngelag padahal udah i5 juga. Itu kenapa ya?? Terima kasih

Itu bisa karena VGA agan yg kurang mendukung spesifikasi game yang dimainkan, atau karena ping agan yang terlampau tinggi. Bisa juga karena cache browser yang agan pakai terlalu banyak :)

min mau tanya nih kok ane 2 tahun terakhir main dota2 lancar aja,tapi setelah itu ada masalah yaitu FPS di dota tiba tiba jadi sebesar 10 min fps saya ada solusi nya ga yah min?

Kalau FPS itu penyebabnya karena koneksi internet gan. Mungkin di tempatnya agan jaringannya kurang stabil, coba dicek dulu router wifi atau modem nya :)

mau nyoba, tapi ada peringatan untuk user windows 10, jadi dipikir-pikir dulu....

itu ngelag bisa jadi karena harddisk nya low ya?

wahh ,ni mimin mantap bener ,segala tau nh kyknya heheh ..
saran dong ,sya mau ganti nih saya pake Intel CEleron ,ganti ke apa ya ? yg bagus ,harga miring.
PENCERAHAN


EmoticonEmoticon