Ayo Cari Tahu Kecepatan Androidmu Dengan Aplikasi ini!

aplikasi android

   Smartphone baru biasanya identik dengan kecepatan akses data yang tinggi dan mampu menjalankan game dengan lebih mulus. Benarkah begitu? Bisa ya, tapi bisa juga tidak. Maka untuk memastikannya kamu harus mencari tahu dengan menginstall aplikasi Benchmark.

Benchmark adalah teknik pengetesan dengan menggunakan suatu nilai standar. Suatu program atau pekerjaan yang melakukan perbandingan kemampuan dari berbagai kerja dari beberapa peralatan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pada produk yang baru. Pengujian dilakukan dengan cara membandingkan produk-produk perangkat lunak maupun perangkat keras dengan percobaan yang sama.

 Wikipedia    

   Jadi aplikasi benchmark adalah aplikasi yang digunakan untuk mengetahui performa dari suatu perangkat dalam berbagai macam hal, seperti kecepatan proses booting hingga kemampuan olah grafis. Untuk macam aplikasinya bisa dilihat di bawah ini. 


AnTuTu Benchmark

AnTuTu Benchmark v5.7.1

   AnTuTu Benchmark adalah aplikasi benchmarking yang cukup populer di kalangan para vendor smartphone dalam mempromosikan produk mereka. AnTuTu akan mengukur skor benchmark perangkat Androidmu lewat pengujian-pengujian seperti:
  • Memory Performance
  • CPU Integrer Performance
  • CPU Floating Point Performance
  • 2D/3D Graphics Performance
  • SD Card Reading/Writing Performance
  • Database I/O
   AnTuTu sangat disarankan ketika kamu hanya sempat mencoba satu benchmark dikarenakan aplikasi ini mampu memberikan hasil pengujian yang komplit dari beragam aspek uji selain dari skor ujinya yang konsisten dan menyeluruh. Namun Saya tetap mengajurkan untuk meng-install aplikasi benchmarking lainnya untuk memastikan validitas skornya. 


3DMark

3DMark v1.5.3285

   Khawatir game berat yang kamu download tidak lancar saat dimainkan? 3DMark akan menjawab pertanyaanmu. Aplikasi benchmarking buatan Futuremark Oy ini sama halnya seperti aplikasi AnTuTu, namun lebih memfokuskan penilaian kinerja pada pengolah grafisnya.  

   Untuk proses pengujiannya, pengguna akan diberikan 3 standar pengujianyakni Sling ShotIce Storm Extreme dan Ice Storm Unlimited. Opsi Sling Shot adalah standar pengujian benchmarking khusus Android Lollipop ke atasIce Storm Extreme digunakan dalam pengujian benchmarking standar, sedangkan Ice Storm Unlimited untuk benchmarking tingkat lanjut.


Geekbench 3

GeekBench 3

   Mana yang terbaik antara Asus Nexus 7 dengan Samsung Galaxy S5? Cari tahu dengan Geekbench 3, aplikasi benchmarking antar platform. 

   Geekbench 3 akan menganalisis CPU Integrer, CPU Floating Point, serta Memory Performance dari smartphonemu. Yang menarik lagi, aplikasi ini mampu membedakan skor benchmark antara prosesor single-core dengan multi-core. Setelah proses benchmarking selesai, Geekbench 3 akan menampilkan tabel perbandingan benchmark antara perangkat single-core dengan multi-core

Quadrant

Quadrant

   Space memori smartphone kamu tidak bersahabat? Quadrant solusinya. Aplikasi benchmark ini hanya berukuran 1,4 MB, jadi Saya jamin aplikasi ini tidak akan membuat memori smartphone kamu membengkak. 

   Ketika dijalankan, Quadrant akan menganalisis aspek CPU, I/O, dan Grafis dari smartphone kamu. Hasil analisis ditampilkan dengan akurat hingga 8 satuan. Meski masih terkesan jadul, Quadrant sudah ditetapkan sebagai aplikasi benchmark standar untuk Android.

   Sayangnya untuk versi standar dari aplikasi ini ada beberapa hal yang cukup mengganggu. Pertama, kamu harus terhubung ke jaringan internet sebelum melakukan proses benchmarking menggunakan Quadrant. Kedua, aplikasi ini didukung oleh iklan yang mengganggu tampilan saat benchmarking.

   Aplikasi ini hadir dalam 3 versi, yakni Standard, Advanced, dan Professional. Dari segi fitur sudah pasti versi Standard alias gratisannya memiliki fitur yang kurang dibanding Advanced dan Professional.


Vellamo

Vellamo network benchmark

   Kalau tadi termasuk benchmarking untuk 'daleman'nya, lalu bagaimana dengan internetnya? Nah, kebetulan Saya baru akan membahas Vellamo. Apaan tuh?

   Vellamo adalah aplikasi benchmark yang akan menganalisis kinerja browsing smartphone kamu. Ketika bekerja, Vellamo akan mengukur kinerja jaringan, JavaScript, Rendering halaman, dan User Experience menggunakan serangkaian skenario standar dari Qualcomm Innovation Center, Inc. 

   Kini Vellamo tak hanya sebagai aplikasi benchmark internet saja, melainkan telah berkembang fiturnya merangkap benchmark untuk CPU Android. Vellamo menyediakan 3 chapter benchmarking, yakni chapter browser yang digunakan dalam proses benchmarking internet, kemudian chapter Multicore digunakan untuk perangkat Android dengan prosesor Multi-Core, dan chapter Metal untuk perangkat dengan prosesor Single-Core


Sekian dan Semoga Bermanfaat.




EmoticonEmoticon