2 Cara Ampuh Kurangi Cahaya Biru (Blue Light) pada Komputer

2 Cara Ampuh Kurangi Cahaya Biru (Blue Light) pada Komputer

   Kamu yang setiap harinya bekerja dengan komputer atau yang berhubungan dengan komputer pasti pernah merasakan rasa perih/ pedih saat terlalu lama menatap layar komputer, padahal sudah menggunakan level brightness yang sedang-sedang saja. Yup, itulah akibat dari cahaya biru atau Blue Light yang dipancarkan oleh layar komputer. Apa itu Blue Light?

   Sesuai namanya, Blue Light adalah cahaya berwarna biru. Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya layar komputer kita terdiri atas gabungan dari 3 cahaya. Merah, hijau, dan biru (RGB). Nah, cahaya biru inilah yang membuat mata kita pedih. Selain itu apabila mata seseorang secara terus menerus menerima paparan cahaya biru tanpa terlindungi filter, maka akan berakibat pada degenerasi Makula (bagian tengah dari retina) yang berujung pada kebutaan. Hii...

   Oleh karena itu biasanya orang yang kesehariannya bekerja dengan komputer dianjurkan untuk memakai kacamata dengan lensa Blue Cut untuk meminimalisir paparan cahaya biru tadi. Sayangnya, lensa seperti itu pada umumnya dibanderol dengan harga yang cukup tinggi dibanding lensa biasa. 

   Tapi tenang, asal kamu mengikuti dengan baik 2 Cara Ampuh Kurangi Cahaya Biru di Komputer ini, Insya Allah setidaknya kamu tidak perlu membeli kacamata berlensa Blue Cut. Oke, mari kita simak tutorialnya:


Mengurangi cahaya biru dengan mengkalibrasi ulang layar komputer

   Cara ini tidak hanya mengurangi intensitas cahaya biru, tapi juga bisa mengatur intensitas brightness, contrast, dan gamma layar komputermu.
  • Klik Start, ketik Calibrate Display Color pada kotak pencarian. Atau kamu juga bisa mencarinya di Control Panel
Calibrate Display Color

  • Buka menu kalibrasi tersebut. Pada halaman awal klik next di pojok kanan bawah. 
Calibrate Display Color

  • Kemudian kamu akan diperintahkan untuk mengatur intensitas gamma. Geser slider inensitas gamma hingga mencapai intenstas yang kira-kira pas dengan matamu.
  •  Selanjutnya kamu akan diperintahkan untuk mengatur brightness dan contrast. pilih Skip brightness and contrast adjustment untuk melewati tahap ini. 
  • Tahap selanjutnya akan membawamu untuk mengatur intensitas cahaya merah, hijau, dan biru dari layar komputermu. Geser slider cahaya biru hingga terasa pas dengan matamu. Jangan lupa atur juga cahaya merah dan hijau agar terlihat seimbang dengan cahaya birunya. 
Calibrate Display Color

  • Klik Next, dan selesailah proses kalibrasi layar komputermu. 


Mengurangi cahaya biru dengan software Flux

   Selain cara di atas, cara lain untuk melibas cahaya biru adalah dengan menggunakan bantuan software Flux. Software ini bekerja dengam cara yang hampir sama dengan cara di atas, yakni meminimalkan intensitas cahaya biru yang dipancarkan oleh layar komputer kita.

Flux

   Saat software ini dijalankan, layar komputermu secara perlahan akan berubah menjadi kekuning-kuningan. Namun jangan khawatir, kalau dirasa terlalu redup kamu, bisa memgatur intensitas cahaya Flux. Dan setidaknya matamu tidak lagi terasa lelah dan pedih.

Download Flux disini:


Sekian dan semoga bermanfaat.




1 komentar so far

Bermanfaat banget.. Makasih informasinya gan, semoga sukses dunia akhirat.. Aaamiinn


EmoticonEmoticon