Cara Menghapus Virus Recycler Hanya dalam 3 Menit

Cara Menghapus Virus Recycler Hanya dalam 3 Menit

   Pernah melihat folder tersembunyi bernama Recycler di flashdisk atau PC-mu? Berhati-hatilah, karena ternyata virus Recycler ini termasuk dalam kategori virus kelas tinggi yang mana belum bisa dibersihkan oleh antivirus lokal seperti SMADAV.

   Virus Recycler ini bekerja dengan memanfaatkan fungsi Autorun pada PC, menduplikasi dirinya dan menyerang ke setiap folder yang ada di flashdisk/ komputer. Akibat dari serangan virus ini mulai dari PC yang tiba-tiba lag dan yang paling parah bisa mengakibatkan sistem Windows lumpuh total. Waduh?


Seperti apa virus Recycer itu?

   Virus Recycler biasanya tidak akan kelihatan, kecuali kamu mengaktifkan fungsi Show hidden files pada PC-mu. Saat fungsi tersebut diaktifkan, maka kamu bisa melihat folder bernama RECYCLER dan kadang disertai file Autorun atau folder System Volume Information.

Virus recycler


Cara Menghapus Virus Recycler dalam 3 Menit

   Pada umumnya virus Recycler bisa langsung dihapus dan diblokir menggunakan antivirus non-lokal seperti AVG, Avira, atau Avast yang database virusnya sudah terupdate. Atau jika tidak, kamu bisa menghapusnya secara manual tanpa bantuan antivirus. Berikut langkah-langkahnya:


  • Klik kanan + Shift pada folder/ drive yang terinfeksi virus (misal drive E:), kemudian pilih Open command windows here.
CMD

Jika virus juga menginfeksi PC, sebaiknya lakukan cara ini pada drive C: atau drive yang ditempati oleh sistem Windows.
  • Munculkan folder Recycler yang tersembunyi (hidden) dengan mengetikkan attrib -r -s -h /s /d pada CMD kemudian Enter. Ini akan membuat hidden folder tampil terpisah dari folder lainnya. 
CMD

  • Setelah itu minimize jendela CMD kemudian hapus semua folder Recycle yang ada di folder/ drive tersebut secara permanen dengan menekan Shift + Del
  • Terakhir, tutup jendela CMD dan Restart PCmu. 


Sekian dan semoga bermanfaat.


Referesi:
http://www.master-cyber.com/2013/05/cara-menghapus-virus-recycler.html



1 komentar so far


EmoticonEmoticon